Artikel menarik tentang dampak internet. Dikutip dari http://www.cnnindonesia.com

Teknologi diklaim buat karyawan lebih produktif, tapi di sisi lain juga telah ‘memaksa’ untuk bekerja lebih panjang (Spencer Platt/Getty Images)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pew Research menemukan bahwa teknologi dapat membuat manusia lebih produktif, tapi memperpanjang waktu bekerja.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 535 orang pada September 2014. Hasilnya, 46 persen pekerja di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa internet, email dan ponsel telah menaikkan produktivitas mereka. Hanya tujuh persen yang menganggap sebaliknya.

Uniknya, dengan jumlah yang hampir sama, 35 persen para pekerja mengatakan bahwa teknologi telah memperbanyak jam kerja mereka setiap hari.

“Bagi sebagian besar pekerja kantoran saat ini, hidup dengan pekerjaan artinya hidup secara online,” tulis peneliti dikutip dari The Register, Jumat (2/1).

Menurut Direktur Pew, Lee Rainie, batas di antara pekerjaan, tempat bekerja dan rumah awalnya memang sangat jelas. Namun teknologi mengubah keadaan ini secara total.

“Orang-orang lebih banyak melakukan pekerjaan di rumah,” ujar Rainie.

Di Amerika, orang-orang bekerja hingga 1,790 jam dalam satu tahun. Berbeda dengan negara lain yang rata-rata hanya berkisar 1.765 jam.

Dalam sebuah penelitian sebelumnya yang dilakukan pada 2013, menunjukan bahwa 94 persen dari pengguna internet di AS yang menjadi responden mengatakan bahwa internet adalah hal yang sangat penting untuk melakukan pekerjaan mereka.

Artinya, terlihat jelas bahwa teknologi modern telah mengubah dan mempengaruhi cara manusia bekerja.

link sumber : http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150102150331-185-22005/teknologi-paksa-karyawan-untuk-lembur/

Iklan