Karena sering menggunakan fasilitas koneksi internet publik maka saya menggunakan arpon untuk mengantisipasi kejahilan pengguna yg lain. Penggunaan arpon cukup mudah, cukup dengan menginstall arpon secara online (apt-get install arpon) kemudian menjalankannya dalam modus daemon dengan mengetikkan perintah “arpon -i wlan0” (tanpa tanda petik dan device disesuaikan) tanpa perlu melakukan konfigurasi apa-apa.

awalnya semua arpon berjalan lancar namun setelah mengupdate arpon dengan paket arpon terbaru 2.0 (terakhir yg sempat saya install arpon 2.0.2) perintah “arpon -i wlan0” tidak lagi dapat berjalan normal. setelah mencari-cari di gugel akhirnya kecurigaan saya terbukti, arpon 2.0 ada bug-nya yg menyebabkan perintah “arpon -i wlan0” tidak bisa berjalan normal secara default. Karena saya bukan dan memang tidak mampu menjadi bug fix maka saya pun downgrade** arpon dari 2.0 kembali ke 1.9, dan perintah “arpon -i wlan0” kembali bisa berjalan normal tanpa melakukan konfigurasi apa-apa.

*  makasih om PPS81, awalnya saya pikir ini bukan masalah serius bagi orang lain jadi saya tidak membuat catatan disini. Sekali lagi makasih om PPS81

** hehehehehe… maklum nubi, jadi taunya cuma install-install

