Mungkin kalian termasuk orang yang tidak dapat melupakan bentuk style menu dari windows atau mungkin hanya untuk keperluan mengenang masa-masa dimana windows masih mendominasi hidup anda. Jika hal ini terjadi maka sesungguhnya anda cukup menggunakan KDE 4 maka anda akan menemukan menu yang mirip bahkan lebih bagus dari menu milik windows (xp maupun vista). Namun jika anda termasuk penggemar gnome maka tentu beralih ke KDE adalah sesuatu yang berat.

Kesetian menggunakan gnome dan keinginan menampilkan style menu windows dapat dengan mudah didamaikan dengan hanya menginstall minimal dua buah aplikasi (Keep It Simple, Stupid).

Kedua aplikasi yang perlu anda install adalah gnomenuthemes (dapat didownload di http://launchpad.net/gnomenu/trunk/1.6/+download/gnomenuthemes_1.6-1_all.deb ) dan gnomenu-themes-gnomelook (dapat didownload di http://launchpad.net/gnomenu/trunk/1.6/+download/gnomenu-themes-gnomelook_0.1-1~20081203_all.deb ).

Setelah mendownload kedua aplikasi tersebut maka anda dapat menginstallnya langsung. Setelah proses instalasi selesai maka anda dapat memunculkan gnomenu dengan mengklik kanan pada panel (sebaiknya panel yang dibawah) dan memilih menu “add to applet”.

Jika anda telah mengklik “add to applet” maka akan terbuka window Add to Applet. Pada window Add to Applet carilah item GnoMenu.

Setelah anda menemukan item GnoMenu maka klik Add untuk memasukkan applet tersebut kedalam panel. Jika anda tidak menemukan item GnoMenu maka cobalah download http://launchpad.net/gnomenu/trunk/1.6/+download/gnomenu_1.6-2_all.deb lalu install dan ulangi mencari item GnoMenu.

Ketika anda telah menklik Add maka anda akan diminta uyntuk mengkonfigurasi GnoMenu (menu theme, icon theme,panel button dan program widgets), sebaiknya untuk sementara biarkan dalam keadaan default.

Setelah proses konfigurasi selesai maka akan muncul button menu pada panel. Aturlah posisi button menu sesuai dengan kehendak anda.

Dengan selesainya anda mengatur posisi button menu maka kini anda dapat menikmati style menu windows. Anda dapat mengkonfigurasi ulang GnoMenu anda dengan mengklik kanan button menu dan memilih preferences.

Dengan sedikit usaha tambahan dan kreatifitas tentu anda dapat membuat tampilan yang lebih indah.

Kini anda dapat mengenang kembali masa-masa dimana anda masih didominasi oleh windows.

Keyword : gnomenu

Iklan