# Tips belajar efektif #
—————————————————————————
JANGAN PERNAH MENGHAPAL TAPI PAHAMILAH
—————————————————————————

Menghapal adalah salah satu masalah dalam proses belajar.

Menghapal bukanlah cara yang tepat dalam belajar walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa menghapal dapat menghasilkan sesuatu, nilai yang bagus misalnya. Tapi sebenarnya dalam proses belajar yang baik, menghapal merupakan cara singkat yang seharusnya dihindari sebab menghapal sama sekali tidak membuahkan sesuatu yang baru selain menyalin (tidak jauh berbeda dengan foto copy, yang berarti ketika kita menghapal maka sebenarnya kita tidak dalam proses belajar melainkan dalam proses mem-foto copy). Proses belajar yang baik adalah memahami sesuatu. Dengan memahami sesuatu maka sesungguhnya proses yang tengah berlangsung adalah proses menganalisis hingga kita akan memahami apa yang kita pelajari secara mendasar. Dengan memahami sesuatu secara mendasar maka walaupun sesuatu itu dibolak-balik tentu kita tidak akan kebingungan.

Sebagai contoh :

Kalimat pertama : Dia meninggal pada bulan april tahun 2008 dan tepatnya pada tanggal 13

Kalimat kedua : 13 April 2008 merupakan hari dimana dia meninggal

Jika kita melakukan proses menghapal maka tentu kita akan melakukan proses menghapal dua hal yaitu kalimat pertama dan kalimat kedua. Tapi ini akan berbeda jika kita memahami inti dari kedua kalimat tersebut. Jika kita memahaminya maka tentu kita tidak mesti menghapalnya, kalaupun tetap harus menghapalnya maka dengan menghapal satu kalimat saja sudah lebih dari cukup. Dengan memahaminya pula maka kita dapat mengungkapkan inti dari kalimat tersebut dengan gaya kita yang tentu tidak akan menghilangkan intinya. Misalnya, dia meninggal tanggal 13 april 2008.

Contoh diatas tentu sangat sederhana tapi dengan contoh diatas maka kita dapat melihat perbedaan menghapal dan memahami. Contoh diataspun cukup untuk mengungkapkan manfaat yang lebih dari memahami dibandingkan menghapal.

Terakhir yang perlu diingat adalah menghapal tidak selamanya akan membuat kita memahami sesuatu tetapi memahami sesuatu dapat membuat kita menghapalnya dengan lebih mudah.

—————————————————————————

* Tips ini sepenuhnya pengalaman pribadi jika ternyata tidak konteks untuk yang lain, saya minta maaf dan mohon tipsnya dibagi untuk saya serta yang lainnya.

—————————————————————————
Kebahagian Hanya Nyata Ketika Dibagi
—————————————————————————

Iklan